Penjualan Terus Menurun, Microsoft dan Rekan-Rekan Luncurkan Kampanye untuk Populerkan PC
Source : Chip.co.id
Tak bisa dipungkiri, pasar dan popularitas PC beberapa tahun terakhir ini terus merosot. Seperti ramalan mendiang Steve Jobs, PC memang tetap ada, tapi ia seperti truk, hanya digunakan orang untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Selebihnya, orang lebih senang wara-wiri sembari menenteng ponsel pintar atau tablet.
Untuk mengkampanyekan kembali pentingnya PC, Microsoft berinisiatif menggandeng beberapa produsen yang juga pengguna lisensi perangkat lunak mereka, seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, Samsung, Sony, Toshiba dan didukung oleh Carrefour. Mereka meluncurkan kampanye bertajuk CERMAT (Cerdas dan Hemat).
Inti dari program tersebut adalah menawarkan perangkat PC terbaru bagi pelajar dan keluarga sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dan harga yang lebih terjangkau. Program ini juga mencakup edukasi, yaitu membekali siswa dan keluarga tentang pemahaman cara menggunakan PC, internet, serta teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab.
Terkait masih banyaknya konsumen yang bingung dalam memilih perangkat PC sesuai dengan kebutuhannya, Microsoft bersama mitra bisnisnya juga menyediakan buklet yang berisi petunjuk praktis memilih perangkat PC yang sesuai, software yang dibutuhkan agar produktif melakukan aktivitas, serta tip & trik agar aman saat berselancar di dunia maya.
Sebagai contoh, di antara tips yang diberikan ada rekomendasi PC yang sesuai untuk anak yang masih sekolah, yaitu notebook berukuran layar 14 inci yang menjadi pilihan 60-74% pembeli PC. Ukuran layar ini dianggap paling ideal karena memberi kemampuan mobilitas dan layarnya cukup memadai untuk digunakan melalui sentuhan tangan, mouse maupun keyboard.
Dalam program ini, Carefour ikut memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menyediakan berbagai produk notebook Toshiba di jaringan ritelnya. Carefour juga memberikan keringanan Zepro dengan bunga 0% untuk cicilan selama 6 bulan yang berlaku bagi pembelian tanggal 14 hingga 16 Februari.
Guna memeriahkan program CERMAT ini, Microsoft juga menggelar kompetisi "Share & Win" yang terbuka untuk umum. Untuk mengikuti program ini, peserta cukup mengirimkan cerita singkat berisi pengalaman bersama PC baru yang dimilikinya disertai bukti pembelian di program CERMAT ke alamat email cermat@microsoft.com. Sebanyak 5.000 orang pengirim pertama akan memenangkan hadiah langsung berupa voucer belanja sebesar Rp200.000.
Menurut IDC, penurunan pengiriman PC di seluruh dunia mencapai 10,1 persen pada tahun 2013. Meski demikian, penurunan di Indonesia belum separah itu. Pada kuartal pertama 2013, IDC melaporkan pasar PC di Indonesia turun 2 persen dibanding kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, dengan pengiriman mencapai 1.373.000 unit.
Yang lebih menggembirakan, IDC memprediksi pasar PC di tahun 2013 masih tumbuh 3 persen, namun produsen perlu fokus di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pada saat penjualan PC di Jawa dan Bali turun 6 persen, penjualannya di kedua wilayah itu masih positif 8,43 persen. Pemilu 2014 juga diprediksi IDC akan menjadi salah satu faktor yang meningkatkan penjualan PC pada tahun ini.
Apakah Anda punya rencana membeli PC tahun ini?
0 komentar:
Posting Komentar